Change agent

Duduk ditengah diapit dua orang asing di kanan-kiri sambil ditemani lagu Kemelut yang dibawakan Tri Utami dalam Krakatau dengan beat irama mengentak yang menjadi awal cerita perjalanan kali ini.

Perjalanan ke timur pertama dalam tahun ini, perjalanan ke timur kedua dalam satu tahun belakang setelah sebelumnya beberapa bulan lalu menginjakkan kaki di pulaunya para dewa, kali ini akan menginjakkan kaki di tanah para leluhur kerajaan jawa islam yang meski kerajaan islam tapi masih dilingkup ritual-ritual kejawen yang kental dengan aroma islam seperti ritual satu syuro yang merupakan peringatan tahun baru islam tapi dibumbui dengan ritual menggiring kerbau dan perebutan makanan yang diyakini akan membawa berkah satu tahun kedepan bagi mereka yang mendapatkannya.. begitulah islam tumbuh di tanah ini, dan entah sampai kapan pendekatan kultural seperti ini akan tetap dipertahankan, yang padahal telah bertahan berabad-abad lamanya oleh para Sunan sebagai simbol pembawa syiar islam ketenah gemah ripah loh jinawi ini.. semoga ada agent-agent pembaharu yang bisa bergerak lebih cepat yang untuk mengikisnya tidak perlu memakan berabad-abad kedepan.

hah, cerita kok jadi ciyus gini, mungkin terbawa suasana rasa perjalanan ke timur yang identik dengan perjalanan rohani..

ide sebenarnya tadi justru jauh dari serius ketika mendengar hentakan dan inprovisasi para awak krakatau di lagu kemelut, bagaimana semua alat musik mencoba mengexplore spektrum musik tapi tetap menghasilkan kesyahduan, melodi yang indah, beda dengan lagu lainnya ‘cinta pasti’ yang barusan juga mengalun yang lebih mengedepankan kesyahduan daripada explorasi tapi tetap kaya akan musik.. pengalaman yang mengingatkan akan lagu breaking the wall nya Pink Floyd yang seperti telah menjadi lagu wajib band pengusung musik rock classic Lemon Tea yang sekarang tampil 2 kali dalam seminggu di summarecon mall serpong, lagu yang sangat kaya dengan explorasi, seperti halnya group-group musik rock lain di jamannya seperti stairway in heaven nya Led Zeppelin atau Child in time nya Deep purple dan banyak lagu rock classic yang penuh dengan explorasi bermusik, dan krakatau berada di sana dengan aliran jazz, seperti halnya Karimata atau God bless dalam rock dengan musisinya..

akh, begitu indahnya..
pemberontakan dalam bermusik ini mengingatkan akan si om Steve Jobs yang lahir dan besar di masa itu yang hingga akhir hayaknya tetap mengedepankan musik-musik cerdas dan kaya improvisasi sebagai musik yang dijadikan simbol produknya seperti bagaimana kedekatannya dengan John Mayer musisi muda yang dimatanya inline dengan produk apple, begitu juga jiwa berontak Pearl Jam yang lagunya sempat terlihat di list lagu yang muncul ketika mempromosikan iTunes di salah satu event apple, atau kecintaannya yang sangat akan Bob Dylan sejak masa muda.

begitulah, jiwa kreatif lahir dari pemberontakan akan kekakuan dan keseragamankan sekeliling.. kepala yang langsung teringat akan generasi K-Pop sekarang, generasi manis manja.. seperti halnya dalam dunia islam kultural jawa diatas, perlu agent-agent perubahan untuk merombak kultur K dalam generasi ini.. saya..! hmm sadar euy, sadar umur 😃

Iklan

One thought on “Change agent

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s