secret garden ^_^

Motret disiang bolong memang ga ada indah-indahnya, warna tanaman yang harusnya lebih hidup tidak terlihat seperti yang diinginkan, belum lagi sudut pengambilannya yang bisa mengcapture semuanya tanpa lupa menonjolkan apa yang menjadi point of interest fotonya, dasn yang pasti diatas semuanya tidak dapat.

Tapi yaa, tetap maksa untuk ditampilkan, setelah barusan kembali ke rutinitas, nyiram tanaman dimalam hari menjelang tidur. Ritual yang telah lama ditinggalkan karena selalu dibantu oleh Yang Diatas melalui siraman hujannya yang selalu membasahi siang atau sore hari.

Moment menyiram tanaman selalu menimbulkan suatu sensasi tersendiri didalam diri, ada perasaan yang unik setiap kali mengayun-ayunkan selang untuk membasahi setiap sisi taman. Ada kepuasan tersendiri yang didapat ketika merawat taman mungil ini. Pernah ada yang menawarkan diri untuk bantu merawat **tentu dengan imbalan**, bukan keberatan karena bayarannya itu, tapi saya hanya beralasan bahwa taman ini salah satu kesibukan yang bisa mengisi hari ketika berada dirumah. Jika semuanya diserahkan ke orang lain dan hanya menyisakan duduk, makan dan nonton televisi ketika di rumah rasanya justru membuat hari-hari menjadi monoton. Mengamati dan sekali-sekali merapikan tanaman, bermodalkan sekop kecil dan gunting bunga ditangan sungguh menyenangkan πŸ˜€

Mengenai apa yang ada didalam taman sendiri, sebagian orang mungkin heran, taman kok ga ada indah-indahnya karena semuanya hijau daun dengan hanya sedikit diberi warna oleh bunga-bunga yang hanya mekar disaat-saat tertentu. Tapi itulah selera, sebagian orang menggap bukan taman kalau ga ada bunganya, sementara bagi saya taman cendrung untuk penyegar mata, dan warna hijau adalah warna yang paling sejuk dimata ini. Belum lagi masalah desain, sebagian orang bagaimana supaya taman dipenuhi aneka bunga, semakin rame, semakin berwarna dan itu semakin indah, sementara bagi saya taman yang indah tidak harus rame oleh bunga, taman yang indah bisa saja karena permainan dari susunan bunga, landscape dan yang paling penting ada point of interestnya, halah lagi-lagi POI, begini mungkin kalau yang suka fotografi disuruh merancang taman, bukan aneka warna bunganya yang menjadi pokok perhatian tapi bagaimana memunculkan sesuatu yang bisa menjadi pusat perhatian. Taman yang tersebar, dengan semua isinya ingin menonjolkan keindahannya justru menjadi flat, datar tidak indah kalau dipandang dari sudut fotografi. Fotografi membutuhkan satu titik atau area yang menjadi pusat perhatian yang disebut point of interest. Begitu juga dengan taman, bagi saya harus ada satu titik yang menjadi pusat perhatian, makanya ketika pertama kali mendatangi orang pertamanan, konsep pertama yang disampaikan adalah mencari sudut mana ditaman yang sangat kecil itu yang ingin dijadikan pusat perhatian, dan semuanya yang ada disekitarnya hanyalah untuk mempertegas mata agar memandang ke pusatnya, maka dipilihlah sisi yang paling gampang menjadi pusat perhatian setiap kali orang akan datang ke rumah yaitu sisi kiri halaman.

Dan sabtu minggu yang lalu, setelah lebih dari 3 bulan bertaman, hasilnya mulai kelihatan, taman itu mulai menunjukkan identitasnya, karakter sendiri yang berbeda dengan taman di perumahan sekitarnya. Ketika beberapa hari menatap rumput hijau, rimbun daun dan batang palm merah yang mengisinya ditambah dengan bambu air didepan yang mulai menghijau, perasaan hati sungguh bahagia. Satu yang terlintas waktu itu adalah bagaimana perawatannya. Sebagai yang belum pengalaman dalam membentuk dan merawat saya merasa perlu belajar kepada yang lebih tau..

dan untuk itu dipanggilah tukang taman yang dirasa bisa memberi contoh.

Mengamati apa yang dikerjakannya cukup menarik, beberapa hal tidak diketahui seperti cara membentuk area rumput gajah mini agar terkesan lebih bagus, pembersihkan kelopak dan daun-daun yang telah mati dan layu.. sampai pada akhir sesi, memupuk dan menyirami, semuanya tidak luput dari perhatian.. tapi ternyata disitu awal permasalahannya, memupuk…

entah kenapa, beberapa hari setelah perawatan oleh tukang taman, beberapa bunga tiba-tiba terlihat layu dan kering. Kapu-kapu, bunga yang mengambang didalam bambu air tiba-tiba mengering dan mati.. warna bambu airpun perlahan mengering. Beberapa bagian rumput terlihat membusuk, dan beberapa lainnya menjadi lebih kering tidak lagi hijau segar seperti sediakala..

Ups.. pasti ada yang salah..

sambil berharap cemas supaya tidak semakin parah, saya tetap sabar untuk selalu menyirami sambil mengamati perkembangan. Sampai malam ini, satu pot dari 2 pot bambu air dipastikan mati. Beberapa rumpun bunga kecil yang sebenarnya bertujuan menciptakan landscape dibawah palm merah yang menjadi titik utama taman gersang mati sehingga apa yang tadi pengen coba dibentuk dengan membuat susunan tanaman yang berjenjang dari yang paling rendah ke yang tinggi sampai palm merah sebagai yang paling tinggi sepertinya sulit terwujud 😦 . Dalam hati, besar dugaan penyebab semua itu adalah penggunaan pupuk urea, dugaan ini atas dasar pernah membaca bahwa penggunaan pupuk yang tidak tepat justru akan menyebabkan tanaman menjadi kering karena karakter dari pupuk sebenarnya panas jika tidak sempurna larut kedalam tanah..

fuuuhh, meski begitu tetap semangat, tetap memutar otak mencari alternatif jika memang banyak yang mati, kemungkinan bakal ada perubahan komposisi dari tanaman pengisi, masih mencari alternatif tanamanan yang cocok semoga menemukan sehingga taman ini tetap hidup dimata dan dihati… hiks πŸ˜€

tiap ingat taman, selalu mengingatkan akan lagu Secret Garden nya Bruce Spingsteen yang merupakan soundtracknya film Jerry Maguire, masih ingat tagline-nya film tersebut, ketika Dorothy bilang ke Jerry “You had me at hello'”, pada saat itulah lagu ini mengiringinya, simak liriknya πŸ˜€

She’ll let you in her house
If you come knockin’ late at night
She’ll let you in her mouth
If the words you say are right
If you pay the price
She’ll let you deep inside
But there’s a secret garden she hides

She’ll let you in her car
To go drivin’ round
She’ll let you into the parts of herself
That’ll bring you down
She’ll let you in her heart
If you got a hammer and a vise
But into her secret garden, don’t think twice

You’ve gone a million miles
How far’d you get
To that place where you can’t remember
And you can’t forget

She’ll lead you down a path
There’ll be tenderness in the air
She’ll let you come just far enough
So you know she’s really there
She’ll look at you and smile
And her eyes will say
She’s got a secret garden
Where everything you want
Where everything you need
Will always stay
A million miles away

Iklan

2 thoughts on “secret garden ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s