reusable bag

Ketika menuju kasir Hero Supermarket Puri tadi siang tanpa sengaja mata tertarik untuk melihat salah satu rack yang berada di pojok kanan deretan rack-rack, beberapa tas berwarna hijau dan beberapa lainnya berwarna cream digantung berjejer dengan tulisan besar Green for Life. Saya langsung teringat pada tulisan Dee di blog Dee Idea berjudul Dicekik Plastik, tulisan sederhana yang menggugah untuk diikuti tentang penggunaan kantong yang reusable, dan memang Hero termasuk yang aktif mengkampanyekan. Tanpa ragu saya langsung mengambil kantong yang berwarna cream dan menjejal kedalam deretan belanjaan dan langsung menuju kasir. Pada saat di kasir, kasirnya tersenyum melihat saya belanja kantong tersebut, sesaat kasirnya sibuk mencari barcode yang menkodekan barang sebagai referensi dari harganya yang ternyata tidak tertempel di kantong tas tersebut. Tidak seperti biasa, kasir biasanya hapal kode dari barang-barang, minimal berdasarkan jenisnya, khusus tas tersebut terlihat kasirnya bingung dan langsung bertanya ke kasir sebelah yang langsung mencari di komputernya, dan ketemu. Sebuah tanda tanya langsung muncul apakah senyuman sang kasir menandakan keheranan karena ternyata ada orang yang membeli tas tersebut dengan harga yang sebenarnya bagi sebagian orang yang suka belanja kesana tentu tidak mahal, hanya seharga segelas kopi Sturbuck atau Coffee Bean, dan kebingungan kasir itu juga sebagai pertanda bahwa memang tas tersebut jarang dibeli, sehingga kasir sendiri tidak familiar dengan kode kantong tas belanjaan tersebut.

Akh itu hanya prasangka liar..

Saya sengaja menjejal belanjaan dengan kantong tersebut di urutan awal, Ketika sang kasir telah mendapatkan harga dan dicatat sebagai daftar belanjaan, sang kasir langsung bergerak ke belanjaan berikutnya. Dengan refleks kasir langsung merogoh plastik yang tersusun rapi di kanan tempatnya berdiri. Melihat itu saya langsung bilang supaya belanjaan dimasukkan ke kantong yang baru saya beli. Kembali sang kasir tersenyum dengan komentar, “langsung dipakai..!” . Dalam hati kembali bertanya, apakah selama ini sang kasir tidak tahu bahwa memang itu fungsi kantong tersebut, ataukah pihak management Hero sebagai yang memiliki program ini tidak mensosialisasikan kepada para kasirnya akan fungsi dari kantong tersebut yaitu sebagai reusable bag, kantong ramah lingkungan yang bisa digunakan berulang-ulang sehingga meminimal penggunaan kantong berbahan plastik. Idealnya lagi, kantong tersebut digantung di samping kasir, dan tiap kali orang akan membayar belanjaannya ditawari untuk membeli dan mengunakan kantong tersebut meski dengan itu orang harus membayar extra, tapi hanya sekali karena bisa digunakan berulang-ulang, dan itu sangat berarti untuk lingkungan..

Saya tersenyum..

Persis dibagian atas disisi kasir, sebuah tulisan besar dengan gambar kantong tersebut terdapat tulisan;

Get your own green for life

Sebuah aksi individual untuk bumi…

===================================

Beberapa jam kemudian, pada acara Top Gear di BBC Knowledge terlihat sebuah inovasi dari produsen mobil Honda dengan produk bernama Honda Clarity yang berbahan bakar Hidrogen sangat ramah lingkungan karena sisa pembakarannya bukannya asap CO tapi H2O alias Air, dan terlihat sebuah gas station dari shell yang tidak lagi menyediakan Bensin tapi Hidrogen, gas yang berlimpah di alam yang menurut BBC biaya pengolahannya jauh lebih murah daripada biaya pengeboran minyak, yang berarti memiliki nilai keekonomisan lebih baik daripada bensin. Saat ini harga satu liter hidrogen di US hampir menyamai satu liter bensin, dan tentu dikemudian hari semoga lebih murah.

Ada banyangan keoptimisan akan bumi yang lebih baik, meski dibalik semua itu ada kekawatiran para mafia minyak tetap membayang-bayangi, menghalangi setiap usaha menciptaan bahan bakar alternatif karena kerakusannya, semoga Shell dengan Hidrogen gas stationnya memberi contoh bagi para mafia tersebut, perusahaan-perusahaan minyak besar bahwa dominasi mereka akan penguasaan bahan bakar tidak harus mengorbankan lingkungan,tapi ngomong-ngomong Shell adalah Inggris company, european company yang biasa lebih idealis dan manusiawi daripada US company, hah… US..US.. πŸ˜€

Iklan

2 thoughts on “reusable bag

  1. “Langsung dipakai..!” hehhe, kenapa ga langsung diceramahin aja kasirnya itu mas..? πŸ™‚

    si Bundo membayangkan sekarang si Bujang lagi happy lebaran ditemanin sama Mom n Dad πŸ™‚

  2. iyaa yaa bun, tapi bukan di ceramahi, tapi dikasih tau πŸ˜€

    Besok mau ke bandung sama si Apa dan Ama.. ‘raun panyiang’ , moga udh ga macet.. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s