9#

Safari ramadhan ke masjid salman bandung akhirnya kesampaian juga. Alhamdulillah, merasakan kembali nuansa shalat berjamaah di lingkungan mahasiswa, kaum terpelajar, dan insyaallah alim.

Diawali ceramah **lupa nama si bapak, membahas tentang bagaimana teknologi informasi mengubah saintologi menjadi imajitologi, dunia yang tidak lagi berpijak pada sain, tapi pengaruh media, teknologi informasi telah menggeser menjadi peradaban yang mengutamakan image. Esensi tidak lagi diperlukan, tapi image lah yang dikedepankan. Walau serius, tapi ustadz cukup berhasil menggiring audience dengan sedikit joke-joke menggelitik yang cerdas, mungkin karena beliau seorang dosen.. Sepertinya.

Selah selesai ceramah dilanjutkan dengan shalat taruwih. Formasi tetap 2×4 taruwih plus 3 rakaat witir. Imam sendiri dari usianya sepertinya masih mahasiswa tingkat 3 atau 4 gitu, tapi ditanya bacaannya, ampun.. Angkat topi, bagus banget plus hapalannya.. Hmm jangan ditanya, mereka sepertinya para mahasiswa yang hapal al-qur’an, karena target mereka adalah 15 juz selama ramadhan, dimana dalam sehari 1/2 juz, berarti sekitar 10 halaman, yang kalau dibagi 11 rakaat tarawih+witir, berarti 1 rakaat satu halaman. Kenapa saya sebut mereka, karena dibelakang imam berdiri 2 orang mahasiswa lainnya yang sepertinya juga hapal al-qur’an, karena setiap kali imam ragu atau salah selalu diantara mereka ada yang mengkoreksi.. Istimewa.. Saya jadi ingat ketika dulu mencoba mengambil pelatihan hapal Al-qur’an yang diadakan di masjid salman tersebut. Sang guru meminta untuk bisa menghapal 3 juz setiap minggunya, berarti 60 halaman, setara dengan rata-rata 9 halaman per harinya. Diawali dengan juz 28 hingga juz 30. Kebayang nya siy 9 halaman per hari bakal mudah, tapi tau-taunyaa… Ampun menyerah. Dalam satu minggu saya kembali bertemu ustadz dan mengatakan bahwa saya sulit untuk achive. Tapi aneh dan takjubnya saya mengetahui 1-2 orang yang ikut kursus ternyata bisa melaksanakan tugas tersebut, memang orang-orang istimewa…

hah, udah akh, sekarang lagi di rest area di ujung cikampek.. Mencoba tidur sejenak untuk nanti melanjutkan perjalanan..

gutnite semua, selamat istirahat untuk menyambut datangnya puasa hari ke 9 esok harinya.. 😀

Iklan

2 thoughts on “9#

  1. horeee Salman kesampaian..!!! Alhamdulillah.

    hwaa mas hutri dulu pernah coba ikut hafalan ALQur’an.. salut walaupun ndak selesai setidaknya jauh lebih maju daripada bundo.. bundo lemah banget hapalannya, payah! **daya juangnya yang lemah 🙂

    inginnya menjadi orang”pilihan nan istimewa itu..

  2. Cuma datang 2x bun, abis itu nyerah ga bisa ngikutin mereka2 yang diberi keistimewaan, otaknya encer banged bisa ngapalin berhalaman-halaman dalam sehari.. sekarang… hah, juz ama aja masih ga kelar2 ngapalnya 😀

    tapi tetap, dengar imam kemarin bikin iriii.. harus bersih2 hati dan pikiran biar ayat2 itu bisa diserap sempurna 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s