Ice Age

Pernahkah membayangkan atau mungkin telah pernah mengalami suatu tindakan atau ucapan yang tadinya sepele tiba-tiba menjadi besar sehingga tidak dapat dikendalikan.

Jika itu hal yang positif tentu suatu berkah, seperti Mark Zuckerberg dengan facebooknya, yang tadi hanya untuk komunikasi antar sesama mahasiswa Harvard, tiba-tiba mendunia seperti sekarang ini.

Bagaimana jika itu suatu yang negatif. Jika telah sampai pada tahap yang tidak terkendali, tentu kerugiannya akan sulit untuk ditaksir. Dalam lingkungan pekerjaan tentu akan berdampak kerugian materil maupun nama baik.

Pertanyaan lagi, bagaimana jika itu suatu ucapan bukan tindakan. Jika tindakan mungkin masih bisa di roll back. Tapi kalau ucapan, sangat sulit ditarik kembali, dan biasanya akan menyebar sangat cepat dan tidak terkendali jika ucapan tersebut sampai ketelinga mereka yang menjadikan gosip sebagai santapan harian.. waw indeks ketidak terkendaliannya akan meningkat secara eksponensial.

Mungkin ilustrasi yang paling menarik adalah ketika mengingat adegan awal pada film Ice Age, ketika seekor tupai demi menyelamatkan sebuah biji pohon Ek menyebabkan keretakan pada es dan menjalar ke seluruh permukaan bumi, dan menjadi awal berakhirnya jaman es. Awal yang menarik dari film animasi Ice Age (1).

Bayangkan, sebuah biji Ek menjadi penyebab es mencair dan mengakhiri satu jaman dalam sejarah bumi. Sang tupai mungkin tidak pernah menyangka perbuatannya akan berimpact pada peradaban bumi.. walau tidak se hiperbol cerita diatas, tapi mungkin bisa menjadi gambaran bagaimana suatu yang tidak terkendali bisa berakibat sangat fatal.

so.. hati-hati melangkah.. **kayak di busway aja 😀 **

Iklan

5 thoughts on “Ice Age

  1. bila sudah kuucapkan kata yang menyebabkan kerusakan dimuka bumi..

    aku hanya bisa mohon ampun padaNYA.., dan memintaNYA untuk menyelamatkan semua yang berada dimuka bumi..

    hanya DIA yang mampu.. maka ku tak lagi resah.. 🙂

  2. tak usah ragu
    tak usah takut
    tak usah resah

    mulailah dengan
    A’uudzu billaahi minasy syaithaanir rajiim
    Bismillaahirrohmaanirrohiim…

    “…dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lohmahfuz)”
    QS 6:59

    melangkahlah… jangan takut…
    selalu minta tolong padaNYA

    😉

  3. jika engkau sudah bersama Yang MAHA masihkan ada khawatir dan b’sedih hati?
    b’sandarlah terus kpdNYA yg akan selalu memberi petunjuk pd hatimu shg yg t’jd dlm dirimu adalah keridho-an NYA.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s