Sederhana..

Beberapa hari yang lalu seorang teman sebut saja si A bercerita tentang kondisi rumah seorang teman yang lain sebut saja si B yang sempat dikunjunginya sehari sebelumnya. Teman A bercerita tentang kesederhanaan hidup teman B dimana rumahnya hanya berisi satu meja sederhana, tanpa perabot macem-macem, tanpa televisi dan HIFI, cuma ada radio kecil. Semua itu bukan karena teman B tidak mampu beli perabot atau peralatan eletronic tersebut, tapi itu adalah gaya hidup yang dipilihnya. Teman A berkomentar, bagi dia siy ga kebayang bisa hidup sesederhana itu.

Dalam hati tersentak, ternyata saya hidup berdampingan dengan seseorang yang benar-benar bisa menerapkan hidup sederhana seperti banyak diterapkan oleh Rasulullah saw dan sahabatnya. Didalam hati saya benar-benar iri sama teman B, kenapa saya tidak bisa sekuat dia menghadapi godaan hidup yang terkadang hanya semu. Saya jadi teringat dengan cerita bibi beberapa waktu yang lalu (sempat saya ceritakan juga disini), dimana kata si bibi sekarang orang membeli sesuatu cendrung karena keinginan (nafsu) bukan karena kebutuhan, dan itu mungkin yang benar-benar diterapkan oleh teman B.

Teringat kesederhanaan ini, saya jadi teringat kesederhanaan presiden Iran saat ini Mahmoud Ahmadinejab, dan foto dibawah mungkin bercerita banyak bagaimana sederhananya hidup beliau.

Seorang presiden yang masih suka tidur di lantai, diwawancara sambil bersila di sebuah ruangan sempit. Foto terakhir walaupun tidak ada hubungan, tapi bikin berkesan bagaimana ketaatan beliau tetap melaksanakan shalat dalam kondisi apapun, termasuk dalam perjalanan meski hanya beralaskan karpet sederhana dan diatas trotoar.

Salut buat mereka yang berpegang teguh pada apa yang diyakini ditengah gencarnya godaan saat ini.

Iklan

2 thoughts on “Sederhana..

  1. hmm.., belajar banyak dr sahabatku..

    bundo masih banyak bingungnya pak.., sebaiknya ngeblog dimane nih.. hehhhe

    daannn.., pak kacab rajin banget nulisnya.. jempol 5 deh..

  2. jadi malu ditengok bundo. Ditanya bagus ngeblog dimana, yaa paling bagus di wordpress bun. Dulu pernah nyoba di blogspot, multiply sama friendster.. tetap paling enak di wordpress.

    Kabari kalau udah ada blog nya yaa bun.. secara bundo nulisnya bagus dan lebih banyak isinya, dari pada blog ini yang cuma celotehan ga jelas seorang di sudut ‘parak limau’ 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s