Beware Wireless mouse

Megangin modem 3G dengan tangan kanan sambil ditinggiin buat mendapatkan sinyal, sementara tangan kanan mengetikkan alamat di browser, mengingatkan sama orang yang lagi sakit dimana tangan kiri memegang infus, huh kasian.Tapi ga-pa-pa, tetap semangat nulis, maklum dah lama ga bikin tulisan 😀

A lie told often enough becomes truth

Begitu kata Lenin yang dikutip salah satu tulisan tentang dugaan kecelakaan pesawat Quantas belum lama ini yang diduga disebabkan oleh sinyal yang berasal dari laptop, sinyal dari wireless mouse yang menyebabkan terganggunya sistem navigasi pesawat.

Memang banyak mitos yang beredar seputar adanya interferensi perangkat elektronik terhadap sistem navigasi di pesawat. Di wiki sendiri ada bahasan khusus berkiatan dengan ini. Beberapa waktu yang lalu, di majalah internal maskapai AirAsia sempat dibahas apa saja perangkat electronic yang benar-benar tidak boleh menyala selama dalam penerbangan seperti handphone dan perangkat electronic yang hanya dilarang ketika lending dan take off seperti walkman CD, iPod, laptop dan lainnya. Dulu sempat bete juga dilarang sama pramugari buat melepas earphone ketika mendapat, tapi yaa daripada-daripada mending dilepas aja.

Kadang lucu membayangkan bahwa pesawat sebagai salah satu product yang kaya dengan teknologi canggih sampai-sampai F1 aja sebagai olahraga berteknologi tinggi selalu dikait-kaitkan dengan teknologi pesawat, yang berarti pesawat lebih maju dibanding F1 nya sendiri. Meski begitu, kok masih rentan dengan yang namanya interferensi. Mungkin, –ini mungkin– karena pesawat yang ada sekarang kebanyakan dibuat pada sekitar tahun 80-90an yang belum memikirkan semua teknologi wireless yang berkembang di era 2000. Makanya pesawat-pesawat baru seperti Airbus A380 telah support internet on the Air dan mobile phone on board.

Yaah, tapi ga ada yang secanggih di indonesia, pesawat jatuh diduga bawa duren.. ga perlu alat canggih buat mengungkap penyebab kecelakaan, cukup bau duren yang menyengat sebagai indikatornya 😦

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s