Big Family

Hari ini milis tempat berkumpul teman-teman ex kost-an di bandung berlangsung hangat. Topik yang tadinya biasa menjadi memanas ketika saya coba debat salah satu pendapat teman. Comment yang cukup tajam membuat teman menduga itu ekspresi marah, meski begitu teman yang tadi dibantah tetap membalas dengan bahasa yang adem dan mencari jalan tengah. Saya juga kembali timpali dengan comment yang pada intinya kita berada pada sudut pandang yang berbeda dalam melihat sesuatu masalah.

Diskusi seperti itu mengingatkan saya pada saat dulu masih suka berkumpul dan mengobrol, baik di Bandung maupun ketika telah pada bekerja di Jakarta. Suatu hal yang lumrah bagi kita diskusi berbagai hal, baik topik ringan maupun berat, tapi satu yang saya suka adalah kita sangat demokratis dalam berdiskusi. Perbedaan pendapat sangat dihargai. Sangat sering kita sepakat untuk tidak sepakat, sepakat dengan tetap berpegang kepada pendapat masing-masing. Tiap diskusi tidak ada kata menang atau kalah, semuanya hanya kumpulan pendapat-pendapat, syukur-syukur ada satu kata sepakat, walau justru lebih sering berbedanya.

Begitu indah, mungkin karena itu kita sekarang tetap solid. Komunikasi lewat milis maupun kopi darat masih sering diadakan meski yang berkumpul paling 2-3 orang, tapi itu cukup untuk tetap menjaga tali persaudaraan. Dan memang kita seperti telah menjadi big family, dulu berkumpul karena sama-sama dari satu kota, sama-sama perantau, sama-sama merasakan bagaimana harus mandiri sejak jaman kuliah. Saling mendukung satu sama lain dalam suka maupun duka. Sampai kini semuanya udah pada kerja, sebagian besar telah berkeluarga dan beberapa telah punya ‘pasukan’. Meski begitu kita tetap kompak, para istri/suami saling kenal, orang-tua orang-tua kita di daerah sana juga saling kenal dan saling mengunjungi. Ukkh, indahnya persaudaraan.

Dengan kondisi sekarang, saya masih optimis, tali persaudaraan ini akan berlangsung lama.

Semoga..!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s