Youtubesiana

Pagi-pagi buka feed MSNBC ada artikel tentang pemblokiran Youtube di Indonesia. Iseng coba connect in si IM2, ternyata indosat juga telah melakukan pemblokiran. Huh, sedih.. meski di blog udah pada ribut tentang pemblokiran dari minggu lalu, tapi indosat sampai beberapa hari yang lalu masih belum melakukan pemblokiran, tapi sekarang 😦 . Gimanapun si Youtube telah memberikan pengalaman baru bagi kita tentang banyak hal. Gimana enaknya hunting videoclip-videoclip klasik, iklan-iklan lama, sampai berbagai liputan seru salah satunya video ketika si pendiri Youtube di wisuda, huh.. yaaa, website ini telah memberi banyak bagi saya pribadi dan bagi banyak orang tentunya.

Tapi ga dapat dipungkiri situs ini dijadikan media provokasi bagi sebagian orang. Saya pribadi berharap pemblokiran ini tidak berlangsung lama cukup untuk meredam emosi masa berkaitan dengan isu SARA, semoga pemerintah berbuat sama seperti halnya Thailand dengan memblok youtube 4 bulanan pada akhir taun yang lalu.

Biar kejadian yang sama tidak terulang, kalau memang pemerintah belum mampu membuat satu gateway untuk semua internet Indonesia, wajibkan aja ke setiap provider untuk memiliki content filtering sehingga pemblokiran tidak perlu ngeblock website, tapi base on content, yaaa kayak sekarang cukup yang diblock content video dengan subject Fitna atau porn dan laennya, jadi yang content baik lainnya tidak terimbas seperti sekarang. Ada ga yaa product internet content filtering yang bisa handle ISP level..?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s