Suami

Dari dulu saya termasuk orang yang sangat menghargai wanita dan mendukung kesetaraan gender. Masalah gender bagi saya adalah masalah pengaturan peran dan tanggung jawab bukan siapa yang lebih tinggi posisinya karena dimata Yang Diatas menurut saya tidak ada yang berbeda antara laki dan perempuan, tetapi orang itu dibedakan hanya berdasarkan amalannya, wallahu’alam.. mohon diluruskan jika saya salah.

Kenapa saya menyinggung hal ini, karena ada yang mengganggu belakangan ini. Seorang wanita yang saya kenal dan saya coba hormati ternyata tidak menjalankan peran dia sebagai seorang istri sebagaimana semestinya. Seorang istri yang seharusnya menemani suami dalam senang maupun susah, telah mengambil jarak dari suaminya ketika sang suami mendapat cobaan. Saya benar-benar bersedih dan tidak bisa merunut dengan nalar kenapa seorang istri berani meninggalkan suaminya yang lagi terkapar tidak sadarkan diri di rumah sakit, suami yang membutuhkan perhatian ekstra dari orang yang paling dekat dalam hidupnya, tapi ditinggalkan demi alasan kangen akan anak, atau yang lebih silly lagi karena ada arisan.. hmmm

Saya ga ambil pusing dengan kata arisan, it’s stupid reason. Yang jadi pertanyaan jika suatu saat seorang istri dalam satu pilihan yang sulit, yaitu harus merawat anak atau suami, yang mana yang harus didahulukan..? Secara logika dan keterbatasan pengetahuan saya akan agama, harusnya pilihan jatuh kepada merawat suami.

Saya jadi teringat kisah seorang wanita yang orangtuanya sakit, sementara dia tidak bisa meninggalkan rumah karena suaminya sedang dalam peperangan. Si istri tega tidak menjenguk orangtuanya menunggu ijin suaminya jika pulang dari peperangan kelak. Demikian tingginya ridha suami akan istri.

huuh 😦

Tinggalkan Balasan

