Temannya Batuk

kacang

Ibu di bukittinggi sana emang sangat tau apa yang disukai anaknya. Beberapa hari yang lalu saya dapat paket istimewa, yap kacang goreng. Kenapa istimewa, karena kacang goreng Bukittinggi ini beda dengan kacang goreng yang ada di pasaran seperti kacang goreng Garuda atau Dua Kelinci. Walau kandungan Omega3 dan lainnya tidak sebanyak yang ada di kacang goreng bermerek diatas, tapi kalau ngomongin rasa, kacang goreng tradisional ini jauh meninggalkan pesaingnya.

Saya cuma pernah ketemu kacang goreng dengan rasa yang sama kalau ga salah dari Lombok atau mataram. Kacang goreng sana sangat mirip dengan yang ada di bukittinggi, jangan yang bikinnya di Lombok sana adalah orang asal bukittinggi juga, ups.. ga mau mengclaim deh.

Kacang goreng ini sendiri diolah dengan cara klasik. Mungkin ga banyak orang yang tau bahwa kacang goreng ini diolah bukan dengan digoreng pakai minyak, atau direndang (dipanaskan di penggorengan tanpa minyak), tapi kacang goreng ini digoreng menggunakan pasir. Kacang mentah yang sudah dibersihkan, dimasukkan ke kuali besar yang terdiri didalamnya telah terdapat pasir halus berwarna kehitaman sebagai pengganti minyak. Kemudian bersama-sama pasir itu, kacang diolah seaduk selama beberapa jam. Panas pasir yang merata menyebabkan kacang juga matang secara merata. Dan setelah cukup matang (sepertinya) kacang tersebut akan diayak menggunakan ayakan khusus sehingga antara kacang dengan pasir akan terpisah, dan jadilah kacang goreng yang lezat, yamie..

Sayangnya paket ini datang tepat ketika saya mulai batuk-batuk.. tapi ga-pa-pa, libas terus boy.. Digambar diatas terlihat juga satu bungkus ‘karak kaliang‘, tumbukan singkong yang kemudian digoreng dengan bentuk seperti angka delapan. Rasanya juga mantap, dan emang cocok banget buat yang lagi batuk..huk.huk..

*siap-siap melunjur ke JavaJazz*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s