Robin Hood

Pagi ini dengar editorial Media Indonesia di MetroTV tentang askeskin yang diselewengkan oleh para oknum di Asuransi Kesehatan (Askes) yang merupakan asuransi bentukan pemerintah. Dalam berita tersebut disebutkan terdapat penggelembungan besarnya claim oleh pihak Akses, dari yang hanya 2.5 juta rupiah ditagih ke pemerintah menjadi 2.5 miliar rupiah. Ini bukan lagi maling kelas teri, tapi udah kelas paus. Akibatnya pemerintah berencana membayar langsung klaim pengobatan untuk orang miskin tersebut langsung ke rumah sakit dan mengenai besarnya klaim akan dianalisa oleh lembaga independen, sebegitu tidak percayanya pemerintah sama orang-orangnya sendiri para pegawai negeri.

Denger berita tadi mengingatkan saya akan cerita adik semalam tentang sidang Bupati Garut yang menilep dana bantuan raskin dan juga Askeskin, dana yang dialokasikan buat orang miskin itu diambil sama sang bupati buat beli rumah anaknya yang kuliah di bandung, buat beli mobil, renovasi rumah dan semua kebutuhan konsumtif lainnya. Beda dengan kasus bupati Tegal yang kata adik sang bupati lebih sedikit cerdas karena dana-dana yang dikorupsikan digunakan untuk mengelola bisnis sang bupati sehingga sulit bagi aparat hukum untuk mengusut larinya aliran dana.

Terlepas dari semua itu, mereka-mereka itu adalah Robin-hood Robin-hood modern, Robin Hood yang ngambilin uang rakyat miskin dan digunakan untuk kebutuhan pribadi. Beda dengan Robin Hood yang di film-film yang nyuri duit orang kaya untuk diberikan ke orang miskin. Selamat yaa bapak-bapak yang hatinya telah baku dan hitam, jangankan untuk tersentuh melihat penderitaan orang miskin malah mengambil hak mereka. Damn..!!

Iklan

2 thoughts on “Robin Hood

  1. parah..
    korupsi memang musuh utama bangsa dewasa ini…
    banyak raja2 kecil yang nuraninya telah mati..
    -eniwei, lam nal yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s