Kebohongan

“… fantasi tak berbeda dengan kebohongan… Jika fantasi sama dengan kebohongan, para penulis mestinya merupakan pembohong yang paling antusias. … mereka hidup dari situ dan orang-orang dengan sukarela membeli cerita hasil kebohongan mereka. … beberapa orang senang berbohong, sedangkan yang lain senang dibohongi. ”

Kutipan yang bagus yang saya dapet dari blognya mba’ Nita ‘Cerita tentang sebuah buku’ , (oot , dipanggilnya kok Nita siy mba’, padahal di profile namanya  Pratanti, yang benar yang mana mba’ 😀 ). Ooo yaa, banyak tulisan menarik di blognya mba’ Nita ini, salah satunya tulisan diatas. naah kenapa saya khusus nyorot kutipan diatas sebenarnya berkaitan dengan nulis dan kebohongan.

Sebagai orang yang cukup rajin nulis di blog — walau jarang dibaca orang-orang –, saya agak tergelitik dengan kaitan antara penulis dan kebohongan. Emang siy konteksnya disitu adalah mungkin penulis novel dan sejenisnya. Masalahnya apa itu relevan dengan mereka yang suka nulis di blog seperti saya.

Kalau saya liat blog-blog yang ada sekarang, termasuk blog saya, sepertinya lebih banyak berbentuk suatu catatan tentang pengalaman pribadi –tapi bukan diary — karena sifatnya yang terbuka dan boleh dibaca orang-orang. Saya ga usah ngambil contoh jauh-jauh, blog ini aja.. walau maksain dengan berbagai variasi ide, sebenarnya ada benang merah tiap tulisan, bahwa itu jelas pengalaman pribadi, dan yang pasti sangat terpengaruh suasana hati dan kondisi penulis –saya nya — pada saat menulis. Paling simple, liat tulisan saya di awal-awal taun, trus minggu kemaren dan minggu sekarang. Ada pergeseran cerita disitu, dari yang awalnya cerah penuh semangat, kemudian mulai ada kebingungan dalam ceritanya, dan minggu ini terasa kelabu.. naah itu mungkin gambaran suasana hati penulisnya, dan itu yang pasti tidak ada kebohongan dan tidak bisa dibohongi..

Dah akh, takut ketaun yang sebenarnya terjadi.. tidur..!! 😀

One thought on “Kebohongan

Tinggalkan Balasan

