Masih Leonardo

Masih aja ada cerita yang tersisa setelah nonton opera ‘Kenapa Leonardo’ semalam. Mungkin itu karena kali pertama saya liat opera sekualitas teater Koma. Beberapa yang istimewa dari opera semalam adalah;

– Plot cerita yang sangat terstruktur dan berisi. Tidak ada bagian cerita yang tidak bermakna atau terkesan dipanjang-panjangin. Semuanya memiliki isi. Saya keingat Monolognya Butet beberapa waktu lalu, pada beberapa bagian kerasa jalur cerita dipanjang panjangin dan ending yang terlalu pendek dan terkesan buru-buru, sementara di opera Kenapa Leonardo ini, semua kekurangan itu tidak ditemukan. Mungkin pengaruh naskahnya yang berasal dari naskah luar kali yaa dan telah dimainkan diberbagai negara seperti naskah Romeo dan Juliet, sehingga udah proven disisi kualitas isi maupun plot cerita. Istimewanya, naskah What about Leonardo itu sebenarnya multi penafsiran, sehingga setiap kelompok teater akan memaknai sendiri. Disana kualitas pengalihbahasa dan sutradara menterjemahkannya, dan disini kolaborasi Rangga  Riantiarno sebagai pengalih bahasa dengan Nano sebagai sutradara sangat besar.

– Kaya referensi. Saya penasaran sebenarnya nyari bukunya. Alah iya lupa, semalam itu ada yang jual bukunya. Dalam opera itu banyak sekali dialog-dialog yang diambil dari berbagai referensi misalnya William Shakespeare, Tsun Zu, dan lainnya.

– Akting dan kemampuan menghapal dialog. Saya benar-benar salut sama pemain opera ini. Akting mereka benar-benar suatu yang istimewa. Ekspresi wajah mereka benar-benar mewakili karakternya. Apalagi kalau dibanding dengan pemain sinetron, halah, yang cuma bisa mlotot dan teriak-teriak, hmm, malu-maluin. Trus kemampuan mereka menghapal naskah, gile banget. Dialognya panjang-panjang tapi mereka bisa menghapalkan dengan baik.

– Pengucapan suatu dialog. Saya ga tau istilahnya, fonetikal atau apa, yang pasti mereka benar-benar berbahasa Indonesia yang baik. Akan sangat mudah menemukan mereka salah mengucapkan suatu dialog, karena begitu sempurnanya pengucapan mereka, sehingga sedikit kesalahan spelling bahasa Indonesia akan dapat didengar. Sungguh luar biasa.

Huuh, hayuk sana pada nonton.. rugi kalau ga’ 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s