Minat baca = Konsumsi Susu

Kalau dipikir-pikir, tingkat minat baca orang Indonesia mungkin sama dengan tingkat konsumsi susu per penduduknya orang Indonesia yang hanya rata-rata 1,47 liter per tahun, terendah bahkan dibanding Cina (7,2 liter), Thailand (5 liter), India (44 liter) apalagi Amerika (75 liter) – MHI Januari 2008. Mungkin ada korelasinya yaaa antara konsumsi susu dengan minat baca, mungkin..!!

Naaah, berhubung sayanya orang Indonesia tulen, saya termasuk ke kelompok yang minat bacanya rendah πŸ˜€ . Rajinnya paling baca blog hehehe. Minat baca kurang, otomatis minat buat beli buku juga kurang. Pernah coba memaksa diri buat beli buku untuk memaksa diri membaca, tapi ujung-ujungnya hanya jadi pajangan di rak. Tapi lucunya, biasanya buku yang kelar dibaca adalah buku yang tebal-tebal, dan rata-rata yaaa Novel dan sejenisnya, seperti Taiko dan Musashi terbitan Gramedia, rata-rata halamannya diatas 1000 halaman, Harry Potter seri 1-7, khusus seri 7 adalah buku berbahasa Inggris paling tebal yang pernah saya baca hehehe, kantrok emang πŸ˜€ , Dan Brown series (Da Vinci code dan teman-temannya) ada 4 buku, English dan Indo.

Beberapa buku yang saat ini belum kelar dibaca, padahal tipis-tipis adalah Chocolat – Joanne Harris, buku yang sempat di film kan dan masuk nominasi oscar tahun 2000, trus The Dante Club – Matthew Pearl, dan Deception Point – Dan Brown, khusus buku yang terakhir ga kelar-kelar, karena menurut saya seri paling ga bagus dari bukunya Dan Brown, makanya males nerusin baca πŸ˜€ . Ada beberapa seri buku pegangan yang memang sengaja dibaca kalau lagi butuh informasi aja yaitu Fiqih Sunnah – Sayyid Sabiq. Khusus seri Fiqih Sunnah, buat yang muslim disaranin deh buat dimiliki, pegangan yang bagus banget buat ilmu fiqih. Satu seri Islam yang pengen dimiliki dan moga diingatin buat dibeli yaitu Tafsir Al-Misbah nya Quraish Shihab, semoga dey kesampaian.

Saat ini saya lagi tertarik baca biografi, dari dulu sebenarnya suka tapi rata-rata nonton di film, kayak Gandhi dan MelcomX, tetep, karena males baca, nonton kan lebih simple πŸ˜€ . Biografi yang terakhir dibaca adalah biografinya P.K Ojong, pendiri koran Kompas, uih bagus banget, seorang yang baik dan idealis sampai meninggalnya. Biografi Widjojo Nitisastro juga bagus, otak pembangunan zaman Soeharto. Sekarang lagi minat nyari buku tentang grup musik Led Zeppelin, ada yang mau nyumbangin bukunya kalau ada yang punya, halah.. keep on rocking maan.. \../ πŸ˜€

enjoy πŸ˜€

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s