Sedikit Tips: RSS dan Atom

Lagi nunggu jam 6 prasaan kok lama banget. Kenapa juga jam 6 ditunggu, karena mau siap-siap ngepack barang, maklum hari ini perjalanan pertama ke ujung timur Indonesia, setelah 2 bulan yang lalu menjelajah ke ujung barat. Mau tidur, prasaan tangan mau ngetik, mau sms teman.. hmm jangan-jangan lagi tidur πŸ˜€

Udah buka komputer n ngeblog. Naah, ini aja, disini saya akan dikit ngasih bocoran, default kegiatan saya kalau lagi browsing itu ngebrowse kemana aja.. Digambar dibawah keliatan, di masing-masing tab Firefox browser keliatan apa aja yang saya bisa buka kalau lagi internetan.

screen.jpg

Selain friendster, 4 dari lima alamat yang selalu saya kunjungi itu adalah blog. Naah pada blog-blog yang ada sekarang, rata-rata udah dilengkapi dengan yang namanya fasilitas RSS atau sebagian lagi bilangnya Atom yang merupakan menyimpan informasi update-an dari tulisan pada masing-masing blog. Dengan mengklik RSS atau Atom yang ada pada masing-masing blog, otomatis blog tersebut akan terdaftar di Bookmark Bar seperti yang ada pada gambar dibawah:

sreen2.jpg

Naah pada gambar diatas itu contohnya blognya pak Budi, saya tinggal klik icon RSS nya dengan nama Budi Rahardjo, akan muncul tulisan-tulisan terbaru pak Budi.

Buat daftar RSS ini sangat simple, cukup klik icon RSS yang berbentuk sinyal warna orange (biasanya) seperti RSS nya sicindai ini dengan namanya Jejak sicindai seperti pada gambar dibawah;

screen3.jpg

Setelah di klik Jejak Sicindai, otomatis blog ini akan terdaftar di bookmark Bar.

Naah pada beberapa blog provider lain seperti blogger, RSS itu biasanya dipanggil atom yang dapat didaftarkan, sama dengan RSS cukup dengan mengklik ada tulisan Atom pada blog tersebut, seperti contoh pada blog teman dibawah;

screen4.jpg

Mudah bukan..

Sorry, rada teknis yaaa, yaaa skali-skali berbagi tips gpp lah, abis ini saya janji akan nulis yang agak ringan lagi hehehe..

uuuuuukkkhhh, masih jam 5:22 PM, ngapain lagi yaaa… πŸ˜€

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s