Journey

Bagaimana jika memandang hidup sebagai sebuah big adventure, petualangan besar. Ada berbagai macam bentuk petualangan, tapi satu garis lurus yang dapat di ambil, bahwa seorang petualang selalu mencari sesuatu yang baru, suatu yang tidak statis dan tantangan-tantangan baru.

Bagi mereka, perubahan adalah suatu yang dicari. Kondisi baru adalah tantangan baru apapun bentuknya. Tidak ada yang namanya mencari suatu steady state. Mereka yang mengambil jalan ini, tidak ada suatu kondisi pun yang dianggap sebagai kondisi terbaik. Kekayaan dianggap sebagai suatu petualangan, begitu juga kemiskinan dan berusaha melewati. Bertemu dengan berbagai karakter manusia adalah bagian dari petualangan, Keramaian dan kesendirian adalah tantangan yang harus dilalui dan dinikmati.

Berbeda dengan mereka yang mencari kondisi ideal yang berpatokan pada kecukupan materi dimana sebenarnya mereka hanya sedang membangun benteng-benteng semu bagi dirinya. Benteng merupakan gambaran kondisi save bagi mereka akan selalu berubah. Ketika mereka punya 1, memiliki 10 adalah kondisi yang mereka anggap aman. Ketika mereka punya 10, 50 dianggap kondisi save dan begitu seterusnya, karena ketika mereka telah berada di 10, kebutuhan dan gaya hidupnya juga berubah, maka 10 tidak lagi aman, memiliki 50 adalah kondisi aman. Disinilah mereka dianggap sedang membangun benteng-benteng semu. Sementara bagi mereka yang memandang hidup sebagai suatu petualangan, tidak ada border, tidak ada kastil yang mereka bangun, benteng yang hanya akan membatasi jarak pandangnya. Yang ada hanya suatu kumpulan bukit, laut dan padang terbuka yang penuh tanda tanya yang harus mereka lewati.

Suatu pencapaian hanyalah sebuah puncak dari satu tujuan dan menanti untuk mencapai puncak-puncak lainnya. Mereka akan selalu duduk sejenak di setiap puncak hanya untuk mengambil nafas, memandang sekeliling terhadap apa yang sudah dilewati, menikmati apa yang sudah di gapai dan berusaha memperbaiki diri untuk perjalanan selanjutnya. Perjalanan untuk mencapai yang lebih tinggi, yang lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s